Posted on

4 Kelebihan Tersembunyi Memiliki Kompor Induksi Listrik yang Jarang Orang Bahas

Banyak orang tentu sudah tahu bahwa kompor induksi listrik memberikan banyak manfaat. Mulai dari mudah dibersihkan, ukuran yang cocok untuk dapur kecil sampai lebih aman karena tidak mengeluarkan api. Namun, ada 4 kelebihan lain yang menarik juga untuk dibahas, walaupun jarang orang tahu. Berikut adalah berbagai kelebihan itu!

Dapat Menjadi Alat Masak Lebih Aman Bagi Lansia dan Anak

Keamanan alat masak ini lebih terjamin karena tidak mengeluarkan api, tapi ada dua golongan yang lebih diuntungkan berkat hal tersebut. Pertama adalah golongan anak. Bagi anak yang ingin belajar masak, kompor listrik jauh lebih membantu. Api dapat membuat si anak takut coba-coba. Sedangkan kompor listrik tidak memakai api. Memang alat masak tetap jadi panas, tapi tidak akan terlalu menakutkan secara visual. Jadi, anak yang ingin belajar masak lebih mau mencoba masak berkat kompor induksi ini.

Lansia adalah golongan yang kedua. Memasak bagi lansia tentu berat. Mengatur kompor api lebih berbahaya saat umur sudah tua. Kompor induksi memiliki alat pengaturan on dan off otomatis yang aman bagi mereka. Selain itu, ada pengaturan suhu dan tombol otomatis untuk menentukan timer masak. Hal ini membuat masakan tidak akan gosong walaupun golongan lansia tidak cepat-cepat mengangkat masakan di atas kompor.

Bentuk Portable Memudahkan Penggunaan di Luar Dapur

Kompor induksi listrik sangat mudah dipindahkan, jadi penggunaannya lebih fleksibel. Bayangkan makan hot pot di atas meja makan. Anda bisa mengangkat kompor listrik dan menaruhnya di atas meja makan untuk hal ini. Kelebihan ini juga cocok untuk acara makan di taman rumah ataupun acara nonton bersama di depan TV sambil masak fondue cokelat. Jika dibayangkan, acara spesial di rumah jelas lebih menarik berkat kompor portable ini.

Lebih Mudah Digunakan untuk Kebutuhan Desain Interior Dapur

Tampilan kompor induksi jauh lebih modern dan minimalis dibandingkan kompor gas biasa. Hal ini membantu Anda yang ingin tampilan dapur menjadi lebih cantik. Desain dapur dengan kompor tanam, jauh lebih mudah dilakukan dengan kompor induksi ini. Jadi tidak aneh jika apartemen dan rumah mewah sudah menggunakan jenis kompor ini demi hasilkan desain ruang menarik.

Ada Pengaturan Pre-Set Cooking dengan Akurasi Tinggi 

Bagi yang baru belajar masak, tidak perlu lagi kesulitan. Kompor induksi memiliki pengaturan suhu dan fitur pre-set cooking untuk membantu Anda. Fitur pengaturan suhu memastikan Anda dapat ikuti arahan mengatur panas lebih akurat. Jika resep meminta suhu tertentu, Anda dengan mudah mengatur hal tersebut. Tidak perlu lagi harus lihat ukuran api dan melakukan perkiraan. Fitur pre-set cooking adalah fitur yang membantu kompor mendukung hidangan tertentu. Misalnya untuk gorengan, pre-set cooking untuk goreng sudah tersedia dan Anda tinggal aktifkan. Fitur ini hasilkan panas yang lebih cocok untuk menggoreng hidangan tersebut.

Berbagai kelebihan ini masih jarang dibahas banyak orang. Namun, sekarang Anda jadi lebih tahu mengapa kompor induksi listrik banyak disukai. Semoga informasi ini bermanfaat dalam membantu Anda memutuskan untuk beli kompor jenis ini atau tidak!

Leave a Reply

Your email address will not be published.