Posted on

Sebelum Mulai Kredit Motor, Perhatikan Hal Berikut

Di zaman dengan mobilitas tinggi, mempunyai kendaraan pribadi sudah menjadi sebuah kebutuhan. Adanya kendaraan pribadi membuat Anda bisa lebih menghemat pengeluaran untuk transport dan Anda bisa memilih rute mana sesuai keinginan. Tak heran jika sepeda motor sudah menjadi transportasi yang sangat diandalkan karena lebih kecil dibandingkan mobil dan harga lebih
terjangkau. Hal tersebut membuat banyak orang mulai mengajukan kredit motor.


Namun sebelum Anda memutuskan untuk membeli motor secara kredit, Anda harus pertimbangkan beberapa hal dahulu. Jika Anda mengabaikan hal tersebut, Anda mungkin akan tambah kesulitan. Simak ulasan di bawah ini sebelum Anda membeli motor secara kredit.

Cari perusahaan leasing dengan reputasi baik
Lakukan penelitian terlebih dahulu sebelum memilih perusahaan leasing mana yang terbaik. Pastikan jika perusahaan leasing mempunyai reputasi baik dan sudah banyak pelanggan yang merasa puas. Hal tersebut membuat Anda bisa membayar kredit secara lunas dan bisa memperoleh BPKB setelah selesai. Reputasi baik membantu Anda meminimalkan risiko saat mengajukan kredit
motor.

Metode pembayaran sesuai dengan kemampuan Anda
Biasanya ada beberapa metode untuk pembayaran kredit, seperti bayar DP kecil dengan angsuran besar atau DP besar dengan angsuran ringan. Kedua metode tersebut mempunyai untung ruginya tersendiri, pastikan Anda sudah menyiapkan kondisi keuangan Anda. Pilih mana yang paling cocok dengan situasi keuangan Anda sendiri.

Perhatikan biaya denda
Biasanya setiap perusahaan leasing mempunyai nominal denda yang berbeda. Anda bisa bandingkan biaya denda dari perusahaan leasing yang sudah mempunyai reputasi baik lalu sesuaikan dengan kemampuan Anda. Hal tersebut bisa mengantisipasi hal yang tak diinginkan jika Anda menunggak pembayaran kredit tersebut.

Periksa asuransi selama kredit
Tentunya Anda tak bisa memprediksi situasi yang akan terjadi di masa mendatang. Hal tersebut membuat asuransi menjadi penting saat Anda kredit motor agar bisa menghindari berbagai hal atau risiko yang tidak diinginkan. Anda bisa cari tahu terkait asuransi yang dipakai perusahaan leasing tersebut, serta pahami bagaimana proses klaim asuransinya.

Pikirkan secara matang sebelum kredit
Setelah mengetahui beberapa hal di atas, Anda bisa berpikir secara matang. Jangan ceroboh dan mudah tergoda dengan iming-iming kredit motor yang beredar. Biasanya iming-iming tersebut belum tentu sesuai dengan apa yang Anda butuhkan sekarang ini. Pastikan Anda sudah melakukan riset agar Anda tidak menyesal di belakang.


Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin mengajukan kredit motor. Anda tetap membutuhkan pertimbangan matang sebelum mulai memutuskan. Jika Anda ingin membeli motor secara tunai namun hanya mempunyai dana terbatas, Anda juga bisa mengikuti lelang motor bekas. Anda bisa pilih sistem kredit seperti apa dan berapa yang harus dibayarkan sesuai dengan
kemampuan Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.