Posted on

Genteng Ringan Metal yang Populer di Indonesia

Salah satu genteng ringan dan kuat adalah genteng metal, yang kini mulai banyak digunakan di Indonesia. Hal ini selain karena ringan tapi juga karena lengkap warna-warnanya. Genteng metal sendiri ada banyak jenisnya. Berikut beberapa diantaranya yang kini telah banyak digunakan di Indonesia.

Genteng Metal Galvalume

Harganya yang sangat terjangkau. Genteng ini terbuat dari bahan utama berupa karbon atau baja besi yang dilapisi dengan campuran aluminium dengan seng atau dikenal sebagai galvalume steel. Bentuk genteng Metal Galvalume Steel berupa lembaran yang mirip dengan lembaran seng dan ditanam pada balok gording rangka atau bisa dikencangkan dengan sekrup. Sifatnya lentur dan ringan karena terbuat dari baja yang ringan, tapi kuat dan tahan korosi. Terdiri dari banyak koleksi warna dan bisa juga memiliki tampilan metalik yang menunjang penampilan modern dengan  harga yang relatif lebih murah per lembarnya dibanding jenis genteng metal yang lainnya.

Genteng Metal Pasir

Genteng metal pasir ini hasil modifikasi guna mengatasi masalah pada genteng metal pada umumnya, karena lebih mampu meredam panas dan juga meredam tingkat kebisingan pada saat turun hujan. Bahan yang digunakan untuk pembuatannya adalah lapisan serbuk batuan dengan campuran bahan dasar zincalume, dan zinc phosphate serta  campuran coraltex. Tersedia di pasaran dengan varian ukuran mulai dari ketebalan 0.20 mm sampai 0.40 mm.

Genteng kuat dan ringan ini tetap anti pecah, dan tahan benturan serta goresan, dan dilapisi dengan coraltex sehingga mampu meredam panas. Pewarnaan genteng dibuat dengan sistem pengecatan teknologi terbaru yang akan mencegah terjadinya pengelupasan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Genteng Metal Spandek

Genteng metal spandek terbuat dari bahan galvalum atau zincalume yang berupa campuran seng serta alumunium. Namun, ada beberapa produsen atap spandek  yang juga menambahkan bahan silikon guna meningkatkan kelenturan atap ini. Persentase perbandingan komposisi bahan genteng metal spandek ini biasanya terdiri dari  43 % seng, dan 55 % alumunium serta 1,5 % silikon. Sehingga bisa menghasilkan genteng metal yang kokoh, kuat dan awet serta mudah dibentuk. Permukaannya sengaja dibuat bergelombang agar lebih mudah dicat. Genteng metal spandek ini sering digunakan untuk ruko minimalis, atau pabrik, juga gudang. 

Itulah tiga jenis genteng metal kuat dan ringan yang telah sering dan banyak dipakai di Indonesia. Selain itu masih ada beberapa jenis genteng metal lainnya, yang juga ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.