Posted on

Apa Itu Besi WF dan Kegunaannya?

Besi WF atau besi wide flange merupakan salah satu jenis besi yang memiliki kekuatan yang baik untuk menahan beban. Tak heran, besi wf ini sering digunakan untuk pondasi bangunan dan sebagai bahan pembuatan rangka gedung. 

Oleh karena itu, besi WF banyak dibutuhkan oleh pemborong. Besi WF dapat ditemukan di toko jual besi WF terdekat, biasanya itu merupakan toko bangunan atau toko khusus menjual berbagai macam besi untuk konstruksi bangunan dan jembatan. 

Kegunaan Besi WF

Besi WF tak hanya digunakan untuk bahan pembuatan rangka gedung, namun juga bisa digunakan untuk hal lain dalam konstruksi. Ini dia kegunaan besi WF

  1. Penyangga Sementara dalam konstruksi

Dalam proses pembangunan jembatan biasanya terdapat penyanggah sementara untuk menahan tanah selama pembangunan  masih berjalan. Untuk menyanggah tanah ini, pemborong biasanya membutuhkan besi wf

  1. Retensi dinding

Besi wf dapat digunakan sebagai penstabil dinding. Menggunakan besi wf juga akan membantu menghalangi suara – suara yang masuk apabila rumah yang dibangun berada di pinggir jalan, biasanya juga akan digunakan apabila membangun ruangan bawah tanah.

  1. Pondasi bangunan

Karena kekuatannya dalam menahan beban sangat baik, besi wf sering menjadi salah satu material yang digunakan untuk pondasi suatu konstruksi. Tak hanya rumah namun juga pondasi jembatan, taman, dan lain sebagainya.

Kegunaan – kegunaan besi wf tersebut menjadi pertimbangan bagi pemborong untuk memanfaatkan besi wf. Semua pemborong pasti memahami bahwa dalam konstruksi bangunan, pemborong harus menggunakan bahan – bahan yang kuat agar nantinya bangunan berdiri kokoh. Oleh karena itu besi wf menjadi salah satu material andalan dalam konstruksi bangunan dan jembatan.

Setelah memahami kegunaannya, tentu saja harus mengetahui harga – harga besi wf. Biasanya semua toko bangunan menjual besi wf dengan panjang ukuran per 12 meter.

Harga Jual Besi WF

Besi wf biasanya dijual per 12 meter namun memiliki lebar yang berbeda – beda tergantung pada kebutuhan. Secara umum, harga jual besi wf per 12 meter adalah sekitar 250.000 hingga 1.500.000 rupiah. Hampir semua toko bangunan menjual besi wf ini, sehingga mencari besi wf pasti tidak akan sulit di toko – toko bangunan terdekat.

Namun, membeli besi wf tidak hanya bisa dilakukan secara offline atau datang langsung ke toko bangunan atau toko jual beli besi, membeli besi wf ternyata juga bisa dilakukan secara online. Biasanya harga jual besi wf di toko bangunan terdekat dengan toko bangunan online akan berbeda. Harga besi wf bisa lebih murah atau lebih mahal namun pemborong yang ingin membeli besi wf harus bijak dalam mempertimbangkan untung dan rugi dalam pembelian besi wf ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.