Posted on

Macam – Macam Alat Pemanggang Griddle

Jual griddle – Jika ingin membuat sate, ayam panggang, steak, ayam bakar, dan barbeque, tetapi harus menggunakan griddle pan yang seperti apa dan agar nantinya tidak merasa kebingungan ketika melihat panggangan di toko perkakas maka harus mengenalinya terlebih dahulu, seperti berikut ini. 

  1. Charcoal Grill 

Alat yang dipakai untuk memanggang satu ini memakai arang sebagai sumber panasnya. Panggangan arang ini memang sering digunakan untuk memanggang ayam bakar atau sate, hasil panggangannya sendiri akan mempunyai aroma yang sangat khas berasal dari asap arang yang sudah digunakan tersebut. 

  1. Gas Roaster 

Biasanya tempat jual griddle akan memberikan beberapa opsi pemanggang salah satunya adalah gas roaster, yang tidak membutuhkan banyak tempat karena mempunyai ukuran yang kecil jika dibandingkan dengan pemanggang lainnya. Namun tetap ada gas roaster yang memiliki ukuran jauh lebih besar. 

Alat yang satu ini akan sangat mudah untuk digunakan karena menggunakan gas dan juga suhunya bisa dikendalikan berdasarkan keinginan. Proses dalam pembakarannya juga jauh lebih higienis. Mampu menyebarkan panas yang lebih merata tanpa harus dikipas, serta lebih mudah untuk dibersihkan, pemanggang yang satu ini akan sering dipakai oleh para pedagang untuk membakar makan frozen food. 

  1. Fancy Grill

Alat pemanggang ini dibuat dari bahan baja atau bisa juga dari stainless steel yang sudah diberikan lapisan dengan porselen enemel yang berbentuk layaknya wajan. Pemanggang satu ini juga sering disebut dengan fancy grill atau magic roaster karena pada saat dinyalakan pada bagian sistem pemanas roller tray bisa berputar secara otomatis. 

Inilah yang akan membuat makanan yang dipanggang bisa matang secara merata tanpa harus dikipas pada saat memanggang. Sistem pemanas tersebut juga bisa membuat api maupun kompor menjadi sebuah bara api.

  1. Grill Pan

Mudah menemukan alat yang satu ini di jual griddle karena memang dianggap sebagai pemanggang yang paling praktis dan mempunyai lapisan yang anti lengket sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Mempunyai berbagai macam tipe alas, ada yang memiliki garis dan datar. Jika akan menggunakan pemanggang ini hanya cukup menaruhnya di atas kompor lalu dipanaskan. Selain lebih praktis, pemanggang ini juga tidak memakan tempat sehingga akan lebih mudah dalam menyimpannya. 

  1. Stovetop Grill Pan

Alat ini sering ditemukan pada restoran Korea atau Jepang yang menjual daging, pemanggang stovetop tidak akan menghasilkan asap yang banyak. Panas pada pemanggangnya bisa diatur dengan sangat mudah karena akan ditaruh di atas kompor. Mempunyai banyak sekali lubang di bagian tepinya, lemak yang berasal dari daging atau minyak yang dipakai memanggang bisa langsung turun ke bawah. Jadi daging yang nantinya dipanggang dengan minyak tidak akan berminyak berlebihan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.