Posted on

Bagaimana Cara Mengajukan Kredit Modal Kerja?

Kredit Modal Kerja adalah program dari pemerintah yang tujuannya memberikan masyarakat kemudahan untuk mengajukan modal usaha. Jadi mulai sekarang, modal bukanlah halangan bagi setiap orang untuk mewujudkan mimpinya menjadi seorang pengusaha. Masyarakat bisa memanfaatkan KMK untuk pengadaan barang dan jasa, modal usaha atau keperluan lain yang menjadi kebutuhan bisnis. 

Proses Pengajuan KMK Agar Bisa Segera di Proses

Jadi apakah Anda tertarik untuk mengajukan KMK? Jika memang iya, Anda perlu mengetahui langkah apa saja yang diperlukan dalam proses pengajuannya. Bagaimana cara mengajukan KMK? Berikut ini tips mudahnya. Caranya mudah kok, bahkan pendaftaran bisa dilakukan secara online, tidak perlu repot-repot harus mendatangi bank yang memfasilitasi. Detail cara pengajuannya sesuai pembahasan yang ada di bawah ini. 

  • Pengajuan KMK Online

Lakukan pengisian KMK pada berbagai aplikasi atau jasa pinjam uang yang sebelumnya sudah ditunjuk. Usahakan untuk mengisi data formulir selengkapnya agar tidak jadi kekeliruan saat proses pendaftaran telah di proses oleh petugas. 

  • Lakukan Proses Validasi Data

Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran, maka lembaga keuangan atau bank yang telah ditunjuk akan segera menghubungi Anda untuk konfirmasi. Petugas akan membacakan kembali semua persyaratan yang dibutuhkan untuk memastikan kebenarannya. Langkah tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa data memang benar adanya. Jika sudah disepakati, maka petugas akan segera mengurus penerimaan dana. 

  • Menerima Dana yang Digunakan untuk Kredit

Jika proses pengajuan Kredit Modal Kerja sudah disetujui, maka Anda berhak untuk menerima dana kredit. Modal akan siap untuk digunakan sesuai kebutuhan. Biasanya pengambilan dana akan dilakukan secara langsung lewat bank yang sudah ditunjuk. Nanti pihak bank akan mendokumentasikan proses tersebut sebagai bukti bahwa dana telah diterima oleh nasabah. Terkadang ada juga pihak bank yang hanya membutuhkan lembaran tanda serah terima. 

Berapa Bunga yang Diperoleh Pada KMK? 

Bunga KMK sudah diterapkan di Indonesia mulai dari tahun 2019 sebesar 7%. Kemudian pada tahun 2020 mengalami penurunan sampai dengan 6%. Penurunan bunga pada tahun 2020 merupakan bentuk subsidi kredit yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sayangnya tidak semua bank atau lembaga keuangan mendapatkan kredit subsidi tersebut. 

Dalam Kredit Modal Kerja juga dikenal istilah KMKP. KMKP merupakan kepanjangan dari Kredit Modal Kerja Permanen. Tujuan dikeluarkannya KMKP yaitu untuk menutup biaya produksi perusahaan. Biasanya dalam bidang usaha dibutuhkan iklan dan promosi, biaya pembelian bahan baku, biaya pengemasan, bahan penunjang, pembayaran gaji karyawan sampai pembayaran tempat sewa. Jangka waktu yang diberikan oleh KMKP lebih lama dibandingkan dengan KMK biasa. 

Jika KMK memiliki jangka waktu yang pendek maksimal 1 tahun, KMKP memiliki waktu sampai dengan 3 tahun. Hal itulah yang menyebabkan KMKP termasuk dalam kredit jangka panjang. Jadi, mana kredit usaha yang ingin Anda coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published.