Posted on

Ketahui Beberapa Manfaat Menggunakan Deposito dan Kelebihannya

Terdapat banyak pilihan untuk investasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi serta kebutuhan, dan salah satunya deposito. Ada berbagai keunggulan yang akan ditawarkan ini membuat deposito menjadi lebih populer dalam dipilih saat berinvestasi. 

Salah satu keunggulan yang bisa anda dapat dari menggunakannya adalah terdapat suku bunga deposito yang lebih tinggi juga kompetitif dibanding dengan suku bunga tabungan. Selain itu, deposito juga mempunyai risiko yang lebih minim. 

Manfaat dari Anda Memiliki Deposito

Selain penjelasan diatas, terdapat beberapa manfaat yang anda dapat saat menggunakan deposito ini yaitu,

  1. Uang tersimpan dengan aman

Dengan anda menggunakan deposito, maka uang yang disimpan akan bisa tersimpan lebih aman di bank. Dengan LPS, bank akan menjamin dana investasi yang dimiliki sampai dengan hingga Rp2 miliar dengan suku bunga tertinggi. 

  1. Lebih mudah dalam mengakses bunga

Keuntungan dan manfaat lain yang bisa didapat dari deposito yaitu adanya kemudahan saat mengakses bunga. Jadi, walaupun dana dari deposito tersebut tidak bisa diambil pada jangka waktu tertentu, bunga deposito masih bisa anda nikmati sebagai nasabah. Bank tersebut bisa l mentransfer bunga deposito tersebut menuju rekening anda untuk digunakan.

  1. Salah satu cara untuk berinvestasi dengan mudah

Deposito adalah salah satu cara untuk investasi lebih aman serta mudah untuk pemula. Risiko investasi yang sangat kecil karena dana telah dijamin oleh LPS. 

Risiko biasanya cumq terjadi jika negara terjadi masalah politik yang besar juga krisis ekonomi parah. Selain itu, nilai produk dalam investasi satu ini juga tetap serta stabil, atau dengan kata lain tidak akan terpengaruh dalam kondisi pasar modal juga pasar uang.

  1. Bisa mendapatkan bunga kompetitif

Keuntungan memiliki deposito selanjutnya yaitu bisa mendapatkan suku bunga deposito yang relatif kompetitif dibandingkan dengan tabungan biasa. Deposito ini dapat memberikan suku bunga sampai 3 kali lipat banyaknya dibandingkan dengan suku bunga dari tabungan. 

Besaran bunga yang diberikan juga akan tergantung dari jangka waktu penyimpanan yang dipilih. Bunga tersebut bisa langsung dimanfaatkan agar dapat menambahkan dana tabungan maupun dipakai untuk kebutuhan lain.

Kelebihan dari Deposito

Setelah paham tentang manfaat dari menggunakan produk investasi ini, anda juga perlu tahu beberapa kelebihan deposito, seperti berikut,

  1. Akan Memberi risiko rendah

Dibanding dengan investasi lainnya, deposito mempunyai risiko yang sangat kecil bahkan hampir tidak ada. Karakteristik nilai investasi yang tidak tergantung dengan pasar membuatnya nilai investasi deposito ini tidak berubah-ubah seperti reksadana, saham, valuta asing atau instrumen investasi lainnya.

Sistem pengelolaan uang dalam deposito ini juga telah ditetapkan dari awal jadi tidak mungkin akan munculnya perubahan yang tiba-tiba. Maka dari itu, simulasi dari bunga deposito yang ditawar dari bank sejak awal tidak mungkin dapat berbeda jauh dari kenyataan awalnya

  1. Pendapatan per tenor bisa anda nikmati

Meskipun dana yang disimpan di instrumen investasi ini tidak dapat diambil hingga tanggal jatuh tempo, anda tetap masih dapat menikmati keuntungan dari penempatan dana tersebut. 

  1. Keamanan Lebih terjamin

Selain bebas risiko, penempatan modal pada investasi yang satu ini juga terjamin keamanannya. Dana pada suku bunga deposito ini sudah terjamin oleh LPS jadi lebih aman. Bahkan jika bank yang dipakai bangkrit, uang anda tetap aman karena sudah terjamin oleh LPS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.