Posted on

Apa itu Genset Silent

Genset ternyata terdiri dari beberapa jenis. Genset atau generator set sangat diperlukan dalam kondisi tak adanya aliran pasokan listrik dari PLN (Pasokan Listrik Negara). Salah satu jenis genset tersebut adalah genset silent.

Apa itu Genset Silent

Genset sebagai suatu perangkat penghasil listrik secara kinetik, yang akan mengubah bahan bakar menjadi energi gerak dan yang kemudian diubah menjadi energi listrik dalam kerjanya sering juga menimbulkan suara yang berisik. Sehingga satu set peralatan genset yang merupakan gabungan dari dua perangkat yang berbeda yakni engine serta generator atau alternator, dari kumparan yang terbuat dari tembaga yang terdiri atas bagian stator atau kumparan statis serta bagian rotor atau kumparan berputar dan alternator generator arusnya, yang menimbulkan suara bising ini perlu ditempatkan dalam suatu ruangan di bawah tanah agar tidak mengganggu dan menimbulkan polusi suara, atau diberi rumah peredam suara. Genset yang telah dilengkapi dengan peredam suara inilah yang disebut sebagai genset silent.

Harga Genset Silent

Genset silent lebih fleksibel penempatannya, tak harus di ruang bawah tanah, karena telah dilengkapi dengan peredam suara. Sehingga bisa lebih senyap jika dibandingkan kerja genset open yang terbuka desainnya tanpa dilengkapi cangkang rumah peredam suara. Dari segi harganya otomatis harga  genset silent lebih mahal daripada harga genset open untuk merk yang sama dan kapasitas daya listrik yang sama. Sedangkan bahan bakar yang digunakan kebanyakan adalah menggunakan solar.

Penggunaan Genset Silent

Genset silent banyak digunakan pada bangunan rumah dan gedung perkantoran juga di sekolahan serta rumah sakit yang sangat memerlukan suasana yang tenang selain pasokan listrik yang stabil tanpa terputus meski sedang ada gangguan pasokan listrik dari PLN atau seperti ketika terjadi banjir atau kebakaran dan lain sebagainya, sebagai cadangan atau backup sumber pasokan listrik.

Aneka Kapasitas Genset Silent

Kapasitas genset silent dapat diketahui berdasar beberapa hal sebagai berikut.

kVA atau Kilovolt Ampere

Ukuran besaran kVA adalah suatu kapasitas semu mesin genset silent. kVA terdiri dari daya nyata suatu mesin genset silent ditambah dengan daya aktif power yang terbentuk oleh generator yang digunakan pada mesin genset silent tersebut.

kW atau Kilowatt

Ukuran besaran kW adalah nilai energi daya nyata hasil konversi energi daya ataupun kemampuan operasi mesin genset silent. Ukuran besaran Watt bisa menjadi acuan daya nyata mesin genset silent, per kW senilai dengan 1000 Watt.

Cara Konversi Ukuran kVA ke Watt pada Genset Silent

Biasanya Satuan ukuran yang tercantum pada mesin genset silent berupa kVA. Guna mengetahui daya nyata genset silent tersebut maka perlu dikonversi dulu ke dalam ukuran watt berdasar acuan nilai baku 1 kVA yang setara dengan 0,8 kW atau 800 Watt. Contoh, genset silent dengan kapasitas tercantum di label sebesar 2 kVA maka nilai kapasitasnya dalam kW sebenarnya adalah 1,6 kW yakni senilai 1600 Watt.

Itulah antara lain seluk beluk mengenai genset silent tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.