Posted on

Cara Memilih Mesin Deep Fryer Agar Tidak Salah Beli!

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa deep fryer ini merupakan salah satu inovasi yang dikembangkan dalam menggoreng makanan dengan menggunakan mesin dan dilengkapi bak celup agar makanan yang akan digoreng dapat terendam dengan minyak. Bahkan, mesin deep fryer ini sering digunakan pada berbagai restoran cepat saji agar mendapatkan hasil makanan yang krispy dan tergoreng merata pada semua bagian. Tak lupa bahwa deep fryer ini juga dilengkapi dengan thermostat terperinci agar suhu minyak dapat disesuaikan dengan jenis makanan yang digoreng. Ada banyak yang jual deep fryer gas dengan beragam jenisnya.

Jenis deep fryer dan perbedaannya

Alat penggorengan deep fryer ini memiliki dua macam tipe, yaitu listrik dan gas. Perbedaan yang paling mendasar dari keduanya yaitu pada sumber panas dan bahan bakar yang digunakan pada deep fryer ini.

  1. Sumber panas. Untuk alat penggorengan yang menggunakan gas sebagai bahan bakarnya, biasanya alat tersebut akan mengandalkan gas LPG yang biasa dipakai pada kompor. Sedangkan jika alat penggorengan menggunakan listrik, anda cukup menggunakan aliran listrik untuk dapat menggunakannya. Mesin ini mirip dengan peralatan elektronik lainnya karena mengandalkan energi listrik agar dapat menghasilkan panas.
  2. Konstruksi alat. Kedua alat penggorengan ini juga memiliki susunan mesin yang hampir sama dengan kompor pada umumnya. Mesin fryer gas dapat dilengkapi dengan berbagai tombol atau knop yang dapat memantik dan menyalakan api pada bawah tangki penggorengan. Sedangkan untuk alat penggorengan yang menggunakan listrik ini tidak memerlukan api jika ingin memanaskan minyak. Sama halnya dengan teko listrik yang dapat memanaskan air minum tanpa menggunakan api.

Cara memilih mesin deep fryer

Jika anda ingin membeli alat ini di sebuah toko atau toko online yang jual deep fryer gas atau listrik. Anda dapat memilih beberapa hal berikut sebagai pertimbangannya.

  1. Memiliki kapasitas tangki. Tentunya mesin penggorengan ini akan menawarkan berbagai macam tipe penggorengan dengan berbagai kapasitas mulai dari 5,5 liter bahkan hingga 46 liter. Untuk memilih tangki tersebut, anda perlu menyesuaikan tangki dan produksi makanan yang anda hasilkan. Misalnya jika anda memiliki suatu bisnis kuliner dengan skala kecil, anda tidak perlu membeli mesin fryer dengan kapasitas besar.
  2. Bahan bakar. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa bahan bakar dari alat penggorengan ini memiliki dua jenis yaitu menggunakan gas dan listrik. Hal ini juga dapat menjadi pertimbangan. Misalnya jika anda menggunakan mesin ini di dalam ruangan seperti rumah atau dapur, alangkah baiknya untuk membeli tipe penggorengan listrik karena dinilai lebih aman. Sebaliknya, jika anda menggunakan mesin ini untuk di luar ruangan, anda dapat menggunakan mesin ini dengan bahan bakar gas, karena dinilai lebih baik dan fleksibel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.