Posted on

Alasan Kursus Matematika, Fisika dan Kimia Menjamur

Kursus memang menjadi tempat yang kerap hadir di beberapa tempat di Indonesia. Bahkan hampir semua daerah memiliki beberapa tempat kursus yang sangat mumpuni dan juga berkualitas sesuai dengan passion masing-masing. Dari semua lembaga kursus, nampaknya ada tiga lembaga kursus mata pelajaran yang sangat digandrungi oleh para orang tua siswa. Sebab biasanya ketiga pelajaran ini memang sangat sulit untuk dikuasai oleh siswa yang memiliki tingkat kepintaran yang biasa-biasa saja.  

Sehingga mungkin itulah alasan kenapa dari semua lembaga, hanya kursus matematika fisika kimia yang nampaknya paling banyak di berbagai daerah Indonesia. Selain itu nampaknya ada beberapa alasan yang membuat tempat semacam ini menjadi semakin menjamur. Lantas apa saja alasan tersebut? berikut ulasannya.

Mata Pelajaran Yang Membosankan

Matematika, fisika dan kimia nampaknya adalah ketiga mata pelajaran yang sangat membosankan. Meskipun itu adalah sebuah penilaian relatif, namun nampaknya banyak yang sepakat. Rata-rata siswa SMA merasa ketiga pelajaran itu cukup membosankan karena menggunakan metode yang rumit dan sebuah hasil yang pasti. Sedangkan fase SMA adalah masa remaja awal yang penuh dengan kebimbangan. 

Masa SMA adalah fase mengenai banyak hal yang mungkin baru pertama kali dilakukan, seperti jatuh cinta, patah hati, pertemanan yang kuat dan lain-lain. Mereka yang terbuai dengan roman-roman masa SMA akan malas menanggapi hal-hal yang bersifat ilmu pasti seperti ketiga mata pelajaran itu. Sehingga wajar jika siswa SMA merasa kesusahan dan perlu adanya lembaga yang membantu untuk mempelajarinya dengan baik. 

Mata Pelajaran Penting

Sikap siswa SMA yang masih labil membuat para orang tua dan guru-guru khawatir. Sehingga mereka mencoba mengatasinya dengan terus mencekoki para siswa dengan jam belajar yang berlebihan. Hal ini pula yang membuat lembaga kursus matematika fisika kimia menjamur dimana-mana. Para siswa harus memiliki nilai bagus di ketiga mata pelajaran agar dianggap pintar. 

Stigma semacam ini memang kerap muncul ditengah-tengah masyarakat. Entah berasal dari mana stigma semacam ini, namun entah kenapa budaya ini muncul dengan sendirinya. Sehingga banyak para orang tua dan guru-guru yang menyarankan pada siswa untuk mencari tempat kursus matematika fisika kimia terdekat agar nilainya masih terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.