Posted on

Suku Bunga Deposito yang Dijamin LPS

Tahukah kalian deposito di suatu bank maka ada suku bunganya loh, mungkin bagi yang sudah sering melakukan deposito biasanya akan ditawarkan dengan suku bunga yang besar. Tapi ada bank yang menjanjikan suku bunga hingga 10 persen, untuk lebih lanjutnya kita lihat jenis deposito dijamin LPS dan berapa sih suku bunganya?

Suku bunga deposito.

Jika kita lihat pada saat sekarang banyak sekali bank yang memberikan janji jika mau membuat deposito di tempatnya maka akan dijanjikan suku bunga deposito yang tinggi. Maka tidak jarang masih banyak dari nasabah yang terpengaruh oleh janji tersebut.

Namun sayangnya jika kalian ingin mendapatkan deposito yang dijamin LPS maka kalian juga seharusnya mengetahui berapa besaran suku bunganya. Suku bunga yang sesuai dengan persyaratan dari LPS adalah 3,5 persen, namun bukan berarti kalau dari bank tersebut memberikan suku bunga yang tinggi. 

Oleh karena itu kalian sebagai nasabah perlu mengetahui resiko apa saja yang bisa didapatkan jika mengambil suku bunga bank yang lebih tinggi dari pada yang ditetapkan oleh LPS.

Pelajari Resikonya

Cukup kalian pahami kalau memang suku bunga yang tinggi pasti akan sangat menggiurkan bagi kalian. Tapi jangan lupa kalau semua itu akan ada yang namanya resiko. Resiko yang dimaksud adalah ketika bank tersebut bangkrut maka kalian tidak akan mendapatkan ganti dari LPS.

Hal ini sudah dijelaskan sebelumnya, dimana LPS punya standar sendiri berapa suku bunga yang akan ditanggung. Perlu kalian ketahui bahwa LPS menjamin setiap nasabah sebesar dua milyar rupiah.

Selanjutnya kalian pasti bertanya, apakah ada bank yang tutup ya? jawabannya sudah ada bank yang ditutup oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jadi jangan sampai kalian pikir suatu bank tidak akan ditutup. Jika bank tersebut sudah tidak bisa menjalankan jasa keuangan sesuai peraturan  yang dikeluarkan oleh Kementrian Keuangan, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan maka sudah pasti akan ditutup. Apalagi yang sampai merugikan nasabahnya.

Jadi sekarang sudah paham bukan berapa suku bunga yang aman, agar deposito yang dijamin LPS. Jangan mudah tergiur ya dengan suku bunga tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.